NGGAK MULUS! INILAH PERJALANAN PANJANG PERFILMAN INDONESIA

Blog Single

Kamu suka menonton film? kalau kamu pecinta film, kamu pasti tahu sejarah perfilman di Indonesia. Dunia perfilman Indonesia sudah mulai muncul pada tahun 1900an loh. Diawali dengan berdirinya bioskop pertama di Indonesia pada tahun tersebut yang berlokasi di daerah Tanah Abang dengan nama "Gambar Idoep". Pada era 1900an produksi film masih dikuasai oleh Belanda. Setelah masa penjajahan Belanda, perfilman Indonesia masih dikuasai Jepang sebagai alat propaganda. Baru setelah keadaan Indonesia sudah mulai stabil pasca masa penjajahan tepatnya tanggal 30 Maret 1950, Indonesia pertama kali mengambil gambar untuk produksi film yang disutradarai oleh orang pribumi asli yaitu Usmar Ismail dengan judul film Darah & Doa. Semenjak saat itu tanggal 30 Maret diabadikan sebagai Hari Film Nasional.

Setelah film pertama yang disutradarai oleh orang asli Indonesia berhasil dibuat, perfilman Indonesia masih banyak mengalami permasalahan loh. banyak kendala-kendala yang di alami perfilman Indonesia sebelum sukses seperti sekarang ini. Pada era 60-70an dunia perfilman Indonesia sulit berkembang karena pada masa itu warga Indonesia ditakutkan dengan aksi imperialisme dari Amerika yang mengakibatkan pemboykotan bioskop-bioskop di tanah air, di tambah dengan tragedi G30S PKI yang sangat menghambat perkembangan film di Indonesia, wah serem ya guys.

Perjuangan film Indonesia tak berhenti hanya sampai di sana. Pada awal tahun 80an perfilman Indonesia dibanjiri dengan film yang bertemakan seks dan itulah mengapa pada era tersebut juga disebut dengan era bom seks. Baru pada awal tahun 90an bangkitnya film Indonesia ditandai dari suksesnya film yang dibintangi oleh penyanyi cilik yaitu Sherina. Film yang berkisah tentang anak-anak ini benar-benar menggebrak dunia perfilman Indonesia. Tak hanya jalan cerita yang menarik serta ide yang segar, soundtrack dalam film ini yang berjudul “Anak Mami” dan dinyanyikan sendiri oleh si pemeran utama pun begitu melekat di hati pecinta film Indonesia. Berselang tak lama, bioskop-bioskop di Indonesia juga ramai dikunugi oleh pecinta film, Indonesia berhasil dengan film drama romantisnya yang berjudul Ada Apa Dengan Cinta? Berbeda dengan Petualangan Sherina, AADC memiliki tema cinta dan dibuat untuk kalangan anak muda.

Nah, kalau berbicara tentang AADC, pasti kamu mengingat soundtracknya, kan? Film AADC ini mengandeng Melly Goeslow sebagai penyanyi dari OST filmnya. Lagu-lagunya pun sukses menjadi hits pada saat itu di kalangan para remaja di Indonesia. Tentunya, lagu-lagu tersebut masih asyik didengar saat ini sembari nostlagia masa-masa dahulu. Psst, kalau ngomongin tentang nostalgia sambil denger lagu bareng, tentunya tau dong pake apa? Apalagi kalau bukan pake aplikasi musik Jukebox 5D! Denger lagu-lagu yang pernah hits di masanya jadi makin seru bareng temen-temen pake aplikasi musik Jukebox 5D. :)




← Back to Our Blog


Share this Post: