Dieng Culture Festival 2018 Dan Jazz Atas Awan, Jangan Sampai Ketinggalan Buat Jadi Bagian Dari Event Keren Satu Ini!

Blog Single

Menjadi acara tahunan yang selalu diselenggarakan, DCF atau Dieng Culture Festival yang berlokasi di daerah Jawa Tengah, tahun ini menjadi edisi yang ke-9. Ada banyak alasan mengapa festival ini wajib untuk tidak dilewatkan, selain karena musik, kebudayaan, dan wisata yang dirangkai menjadi satu acara. Suasana dan cuaca yang terasa dingin di Dieng, membuat para pengunjung membutuhkan sebuah kehangatan. Makanya banyak yang bilang kalau festival ini adalah festival yang paling romantis di Indonesia.



Ada banyak sekali acara di DCF ini, mulai dari jazz di atas awan dan pelepasan lampion yang bikin suasana dingin jadi sangat romantis. Acara ini akan dilaksanakan pada 3-5 Agustus 2018 di desa wisata Dieng Kulon, Banjarnegara. Sekitaran bulan Agustus awal dipilih, alasannya karena suhu di Dieng yang cukup dingin saat-saat itu, di mana dinginnya bisa mencapai minus celcius. Dan alunan dari musik jazz bisa menambahkan kesan hangat ketika dingin melingkupi.



Selain musik jazz, kemudian acara akan dilanjutkan dengan melepaskan lampion ke langit bersama-sama. Ketika momen hangat tercipta, di situlah biasanya akan muncul bintang tamu untuk memandu acara pelepasan lampion. Tahun lalu ada Anji dan Katon Bagaskara yang memandu sekaligus memeriahkan acara, nah untuk tahun ini bintang tamu akan dirahasiakan seperti tahun-tahun yang lalu. Dan tentunya tak perlu khawatir untuk masalah sampah dari lampion, yang keesokan harinya berjatuhan. Akan ada kerja bakti massal yang dilakukan oleh masyarakat Dieng agar kawasan sekitar menjadi bersih kembali.



Selain acara musik dan lampion, ada satu keunikan yang khas dalam festival ini. Di acara puncak akan ada ritual cukur rambut gimbal, di mana anak yang berambut gimbal akan diarak dan kemudian dicukur rambutnya di Candi Arjuna. Ritual ini menjadi istimewa karena hanya dilakukan setahun sekali di Dieng Culture Festival. Si anak yang dipotong rambutnya akan meminta syarat yang harus dipenuhi oleh orangtua nya. Syarat yang diminta berupa hadiah sesuai keinginan si anak, seperti sepeda, seekor kambing, bahkan hanya sepotong es lilin yang dijual oleh tetangga atau penjual yang lewat di sekitar rumah.


Nah sebelum kamu merasakan keseruan dan kehangatan di Dieng Culture Festival 2018. Yuk! kita denger bareng lagu-lagu jazz yang hits dan paling favorit di www.jukebox5d.com atau bisa dapatkan aplikasinya dengan mengunduh di Play Store atau App Store.



Source:

https://www.hipwee.com/travel/dieng-culture-festival-tahun-2018-segera-datang-yakin-mau-lewatin-lagi-event-romantis-ini/




← Back to Our Blog


Share this Post: