Kartini Jaman Now: Dari Indonesia Kemudian Mendunia

Blog Single

Bulan April diperingati sebagai hari kelahiran salah satu pahlawan nasional, Raden Adjeng Kartini. Perjuangannya agar wanita bisa duduk di bangku sekolah terasa efeknya hingga hari ini. Tidak hanya bisa sekolah, wanita Indonesia pun banyak yang memiliki karier sukses tanpa mengesampingkan pendidikannya. Kali ini Jukebox5D bakal mengajak kamu berkenalan dengan Kartini “Jaman Now” yang tidak hanya bagus suaranya, tapi kece juga pendidikannya.

Gita Gutawa


Penyanyi 24 tahun ini mewarisi bakat musik dari sang ayah, Erwin Gutawa. Gita memulai karier dari tahun 2007 dan sudah memiliki 4 album hingga saat ini. Awalnya Gita lebih tertarik untuk mempelajari bermain piano, kemudian ia mencoba berlatih vokal, dan diajak untuk berkolaborasi dengan ADA Band di lagu berjudul “Yang Terbaik Untukmu”. Tidak hanya mampu bermain piano dan bernyanyi dengan nada tinggi, Gita juga serius dalam hal pendidikan. Pada tahun 2011, Gita melanjutkan pendidikan S1 jurusan ekonomi di University of Birmingham, Inggris. Dan di tahun 2014, Gita mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan S2 di salah satu universitas terbaik dunia, London School of Economics and Political Science, dengan jurusan Culture and Society. Selain sebagai penyanyi, saat ini Gita juga menjadi “pekerja dibalik layar” sebagai produser musik.

Isyana Sarasvati


Bakatnya dalam musik membuat Isyana Sarasvati mendapat beasiswa di Nanyang Academy of Fine Arts, Singapura, di usia 16 tahun. Tidak hanya mengejar pendidikan di negeri singa, penyanyi 24 tahun ini juga menerima beasiswa dari The Royal College Of Music di Inggris. Kemampuan bermusiknya juga semakin tidak diragukan dengan mendapatkan penghargaan di Mnet Asian Music Awards 2017 kategori Best Composer of The Year bersama Raisa dalam lagu Anganku Anganmu. Selain sebagai penyanyi, Isyana juga dikontrak sebagai brand ambassador beberapa produk. Diantaranya adalah ecommerce Indonesia, kosmetik Indonesia, smartphone dari Tiongkok, hingga kosmetik dari Swedia.

Maudy Ayunda


Selain dikenal memiliki suara yang merdu, penyanyi bernama lengkap Ayunda Faza Maudya ini juga memiliki bakat akting. Hal ini dibuktikan Maudy dalam beberapa film, yaitu Untuk Rena (2005), Sang Pemimpi (2009), Perahu Kertas (2012), dan Trinity The Nekad Traveler (2017). Kemampuan aktingnya juga mendapat apresiasi berupa pemenang nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Jakarta 2006 melalui film Untuk Rena. Tidak hanya bersolo karir, penyanyi 23 tahun ini juga pernah berkolaborasi dengan penyanyi asal Korea yang berkarir di Amerika, David Choi, dalam lagu berjudul “By My Side”. Maudy menyelesaikan pendidikannya di Universitas Oxford, Inggris, jurusan Politics, Philosophy, and Economics. Tidak hanya cantik, mampu bernyanyi, menciptakan lagu, dan berakting, Maudy juga dikontrak sebagai brand ambassador provider telekomunikasi, bank, merk sabun mandi, merk shampoo, dan pelembab wajah.

Sherina Munaf


Generasi 90an pasti tidak asing dengan nama penyanyi yang satu ini. Sherina mengisi masa kecil generasi 90an lewat film musikal Petualangan Sherina (2000) bersama Derby Romero sebagai lawan mainnya. Selain bernyanyi di film Petualangan Sherina, wanita 27 tahun ini merilis enam album hingga tahun 2013, yaitu Andai Aku Besar Nanti (1999), Petualangan Sherina (2000), My Life (2002), Primadona (2007), Gemini (2009), dan Tuna (2013). Sherina juga sempat mengisi soundtrack film Ayat-Ayat Cinta (2008) dan Laskar Pelangi (2013). Putri dari Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf ini menyelesaikan pendidikan di University of Sidney jurusan Science. Walaupun selama kuliah mempelajari ilmu eksak, Sherina juga mempelajari bahasa jepang dan belajar menggambar loh! Buat kamu yang kangen ngeliat aksi Sherina di layar kaca, tahun ini ia akan bermain film Wiro Sableng Pendekar Kapak Maut Naga Geni, yang akan tayang bulan September 2018.

Tasya Kamila


Selain Sherina, Tasya juga meramaikan masa kecil generasi 90an dengan lagu Anak Gembala dan Libur Telah Tiba. Selain menyanyi, wanita bernama lengkap Shafa Tasya Kamila ini juga pernah menjadi Duta Lingkungan Hidup loh! Hingga tahun 2012, Tasya sudah merilis 6 album, yaitu Libur Telah Tiba (2000), Gembira Berkumpul (2001), Ketupat Lebaran (2002), Istana Pizza (2003), The Very Best of Tasya (2005), dan Beranjak Dewasa (2012). Setelah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Indonesia jurusan akuntansi, Tasya mendapatkan beasiswa LPDP untuk melanjutkan pendidikannya ke Columbia University jurusan Public Administration konsentrasi Enviromental Policy and Management. Tidak hanya mengambil gelar Master di negeri paman sam, Tasya juga pernah menjadi perwakilan Indonesia di forum ECOSOC Youth oleh PBB yang membahas pembangunan berkelanjutan.  Cantik, pintar, suara bagus. Kombinasi komplit banget ya!

Itu dia lima Kartini jaman now versi Jukebox5D . Suara indah mereka bisa kamu denger di Jukebox5D loh! Ajak temen-temenmu #DengerBareng lagu mereka buat jadi motivasi untuk bisa mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya ya! :D



← Back to Our Blog


Share this Post: